Langsung ke konten utama

E-learning Ilmu Pendidikan

e-Learning Ilmu Pendidikan
Perkembangan IT sekarang ini membawa pengaruh luar biasa terhadap pola kehidupan dan bahkan aktivitas manusia. Perubahan ini harus disikapi sedemikian rupa agar manusia dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Dengan perkembangan tekhnologi komunikasi yang semakin canggih telah merubah bentuk dan pola interaksi antara sesama manusia di hampir semua bidang termasuk di bidang pendidikan.

Penggunaan internet dalam dunia pendidikan semakin mempermudah antara guru dan siswa melakukan interaksi timbal balik, misalnya dengan pemanfaatan media dan sumber pembelajaran berbasis Website seperti e-learning Ilmu Pendidikan.

Kemudahan mengakses jaringan internet untuk era sekarang seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua kalangan termasuk dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan internet dapat digunakan sebagai media pembelajaran ataupun mejadi sumber belajar bagi guru dan siswa sekaligus. guru dapat memanfaatkan internet untuk memperoleh bahan ajar, sementara siswa dapat menggunakan sebagai sumber belajar.

Disamping itu juga guru dapat menjadikan internet sebagai media pembelajaran. Selain itu juga penggunaan dan pemanfaatan internet juga dapat dalam bentuk e-learning ilmu pendidikan.

e-Learning Ilmu Pendidikan sebagai media dan sumber belajar
Melalui E-learning Ilmu Pendidikan maka guru dapat melakukan interaksi edukatif dengan siswa. Interaksi edukatif ini dapat dilakukan dalam bentuk diskusi, tanya jawab secara berkala terhadap materi pelajaran atau dapat menjadikan e-learning ilmu pendidikan sebagai sumber informasi akademik bagi siswa dan mahasiswa.

Pemanfaatan el-learning pendidikan sebagai media pembelajaran berarti guru menjadikan internet sebagai sarana atau media melakukan komunikasi edukatif dengan siswa tanpa harus melakukan komunikasi langsung dalam kelas (tatap muka). Hal ini akan memperbanyak waktu bagi guru dan siswa untuk melakukan komunikasi edukatif.

Selain itu juga siswa dapat memeiliki peluang yang lebih banyak untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajarannya yang tidak dapat dituntaskan pada saat terjadi tatap muka dengan guru dalam kelas.

Keuntungan e-Learning Ilmu Pendidikan
Beberapa Keuntungan pembelajaran dengan e-Learning Ilmu Pendidikan adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai bentuk pembelajaran jarak jauh, elearning memiliki beberapa keuntungan yang dapat dirasakan di ataranya adalah:
  2. Pebelajar dapat memperoleh bahan belajar atau materi serta soal-soal yang harus diselesaikan
  3. Pebelajar dapat mengakses dan mengetahui informasi hasil pekerjaan atau nilai yang diperoleh dari setiap tes yang diselesaikan
  4. Pembelajar dapat belajar dari komputer pribadi dengan memanfaatkan koneksi jaringan lokal ataupun jaringan InternetPebelajar dapat menggunakan media CD/DVD yang telah disipkan
  5. Pembelajar bisa mengatur sendiri waktu belajar, dan tempat dari mana ia mengakses pelajaran.
  6. Jumlah pembelajar yang bisa ikut berpartisipasi dan berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran tidak terbatas dengan kapasitas kelas.
  7. Pebelajar dapat melakukan interaksi secara berkelompok melalui Group yang dapat dibuatsendiri oleh para pebelajar berdasarkan tema atau materi pelajaran.
  8. Materi pelajaran dapat diketengahkan dengan kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung pada kondisi dari pengajar.
Keuntungan tersebut dapat dirasakan oleh semua praktisi pendidikan yangdapat memanfaatkan secara optimal ketersediaan jaringan internet untuk dijadikan sarana dan fasilitas pendukung pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Citraan Pada Puisi Titipan Langi Karya Mardianto

A.     Pendahuluan Sastra merupakan ciptaan manusia yang memiliki ciri yang khas karena penyair berhak ingin menjadi apa saja dalam karyanya. Sastra merupakan kegiatan kreatif yang dihasilkan oleh seorang seniman dalam bentuk karya yang fundamental, baik itu dalam bentuk prosa, drama dan puisi sehingga penikmat atau pengapresiasi mampu membedakan jenis dan karekteristrik karya itu sendiri. Tjahjono (2008:1), menyatakan bahwa teks sastra hendaknya dilihat sebagai entitas yang hidup, bukan barang mati. Teks sastra itu sebenarnya sebuah organisme yang hidup bukan sekadar onggokan unsur-unsur bisu dan mati. Salah satu jenis karya sastra adalah puisi . Puisi merupakan ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk bahasa yang padat. Penyair memberikan imajinasi atau pencitraan yang khas sesuai dengan kehendaknya. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah citraan pada puisi titipan langit? Adapun tujuan ...

Pembentukan Karakter Disiplin dalam Pembelajaran

Disiplin A. Pendahuluan Proses pembelajaran bukan hanya berada pada lingkungan formal, tentu kita sepakat hal tersebut. dan bukan hanya pada ruang kelas sehingga banyak ruang dan waktu  dapat dimanfaatkan dalam belajar.  Salah satu cara atau strategi seorang guru agar peserta didiknya tetap belajar di rumah pada saat pulang sekolah yaitu pemberian tugas. Pemberian tugas di rumah menjadi suatu beban yang dirasakan oleh seorang peserta didik disamping kesibukannya bermain, tetapi tidak semua peserta didik seperti itu tentunya, bahkan ada juga peserta didik yang merasa bahwa pekerjaan rumah atau tugas kelompok sangat dibutuhkan oleh mereka. paling tidak bisa keluar dari beban rumah yang mungkin menurutnya adalah beban rumah tangga yang belum seharusnya dikerjakan oleh seorang anak kecil yang masih sekolah. padahal sudah jelas bahwa pekerjaan tersebut adalah proses belajar juga. Pekerjaan rumah adalah pemberian tugas yang sampai detik ini kami rasa adalah suatu pemberosan, k...

Maulid dan Praktek Bidah Terselubung di Sulawesi Selatan

Sejumlah masyarakat Cikoang bersiap-siap memperebutkan telur Beberapa Pendapat tentang "Bid'ah" merayakan Maulid Nabi Sumber dari  Perayaan Maulid Nabi "Bid ah dan Praktek Kesyirikan" Perayaan Maulid Nabi terus berlangsung dalam berbagai bentuknya sampai dilarang pada zaman pemerintahan Al-Afdhal Amirul Juyusy. Perayaan ini kemudian dihidupkan kembali di zaman pemerintahan Al-Hakim biamrillah pada tahun 524 Hijriyah setelah orang-orang hampir melupakannya. Dan yang pertama kali maulid Nabi dikota Irbil adalah Raja Al-Mudhaffar Abu Said di abad ketujuh dan terus berlangsung sampai di zaman kita ini. Orang-orang memperluas acaranya dan menciptakan bid’ah-bid’ah sesuai dengan selera hawa nafsu mereka yang diilhamkan oleh syaithan , jin dan manusia kepada mereka.” [Al-Ibda’ fi madhiril ibtida’: 126]. Satu hal yang sangat penting untuk diketahui bahwa Kerajaan Fathimiyyah didirikan oleh ‘Ubaidillah Al-Mahdi tahun 298 H di Maghrib (sekarang wilayah Maroko dan Alja...