Seniman asal Maros Perkenalkan Musik Kecapi di Amerika

SIANG ini portal bloggermaros.com merilis berita tentang Abdul Hakim Alle, seniman asal Maros, Sulawesi Selatan yang tampil di Amerika Serikat (AS).

Abdul Hakim Alle, seniman asal Maros, Tampilkan Pakkarena dan Pakaccaping di Amerika Serikat
Berita ini awalnya merupakan laporan warga yang ditulis Muh Yusran Darmawan, mahasiswa asal Makassar di Communication and Development Program, Ohio University at Athens di TribunNews.com.

Dalam citizen reporter-nya itu, Yusran menuliskan kalau Hakim tampil dengan memainkan alat musik pakaccapping (kecapi), yang khusus dibawanya dari Maros, kampung kelahirannya.

Selain menyanyikan lagu Pakkarena, Hakim juga menyanyikan lagu Indo Logo yang mengingatkannya pada kampung halamannya di pedesaan Maros yang penuh bebukitan yang permai dan sawah-sawah yang menghampar hijau.

Hakim tampil menggunakan ikat kepala passapu dan sarung Bugis, penampilannya langsung menghanyutkan suasana Indonesia Night yang menampilkan pagelaran kesenian Indonesia di Amerika.

Saat lagu Pakkarena dipentaskan di Baker Center, kampus Ohio University di kota Athens, Sabtu (25/2) kemarin itu, ratusan warga AS terhenyak.

Harapan Hakim agar kesenian kecapi Bugis bisa go international ternyata mulai terwujud, lagu Bugis-Makassar yang dinyanyikannya mampu memukau banyak orang. Seorang penonton berkata,” It’s amazing. Saya mesti banyak belajar dari pria di panggung itu.”

Beberapa mahasiswa internasional yang menyaksikan penampilan tersebut memberikan apresiasi kepada Hakim. Apalagi, saat menyanyi, terdapat gambar di layar yang menampilkan perahu phinisi, perahu kebanggaan orang Bugis-Makassar.

Publik terkesima melihat perahu khas tersebut. Lebih terkesima lagi kala dikisahkan kalau perahu itu dahulu digunakan orang-orang Bugis-Makassar untuk menantang samudera demi berkelana ke negeri-negeri yang jauh.

Hakim saat ini terdaftar sebagai mahasiswa Ohio University. Sejak kuliah di Universitas Negeri Makassar, ia memang sudah terbiasa dengan pementasan. Penerima beasiswa Ford Foundation ini dikenal sebagai pelaku kesenian tradisi. “Seni dan aksi panggung telah menjadi bagian hari-hari saya,” katanya.

Selamat dan sukses buat Abdul Hakim Alle, telah memperkenalkan tradisi musik kecapi khas Bugis-Makassar asal Maros kepada publik Amerika yang secara tak langsung, juga telah memperkenalkan Maros Butta Salewangang di negeri Paman Sam.

[sumber: http://bloggermaros.com/seniman-asal-maros-tampil-di-amerika-serikat.html]

Komentar

Artikel Populer