Menyebarkan Pesan Internet Sehat

Program sosialisasi pemanfaatan internet Komunitas Blogger Maros (KBM) kembali digelar. Kali ini, para penggiat blogger dan teknologi informasi ini mengunjungi SMA Perguruan Islam (Pergis) Maros, Sabtu (21/01/2012) kemarin.

Sosialisasi Internet Sehat
Ketua KBM, Muh Ansari menyampaikan materi dalam
Sosialiasai Internet Sehat Blogger Maros di SMA Pergis Maros, Sabtu (21/01).
(Foto: Andi Adwy Fd)


Sosialisasi ini digelar dengan mengajak siswa menggunakan internet secara sehat, untuk menghindari dampak negatif internet. Di antaranya cara mencari informasi yang dibutuhkan di internet, menggunakan informasi di internet untuk kebutuhan akademik (sekolah), serta memanfaatkan internet sebagai salah satu sumber informasi untuk belajar.

Selain itu, sosialisasi ini merupakan upaya menghindarkan siswa dari unsur pornografi dan SARA yang selama ini menjadi dampak negatif internet. Terutama jika melihat kondisi saat ini dengan banyaknya kasus yang menimpa remaja akibat kurangnya pemahaman pengunaan internet yang sehat. Sebut saja, kasus penculikan, penipuan ataupun pelecehan melalui situs jejaring sosial.

Kegiatan sosialisasi internet sehat ini merupakan agenda berkala KBM yang dilaksanakan secara mandiri, dilakukan dengan mengunjungi SMA-SMA yang berada di Kabupaten Maros dan dilaksanakan setiap hari Sabtu, dalam dua minggu sekali.

Wakil Kepala Sekolah SMA Pergis Maros, Indra Anwar, mengemukakan bahwa sosialisasi internet sehat ini merupakan gagasan yang patut diapresiasi. Karena dengan sosialisasi ini, para peserta didik diberi pemahaman menggunakan internet untuk mencari materi pelajaran dan pengetahuan untuk peningkatan kompetensinya.

“Bukan menggunakan internet untuk bermain game online dan ber-facebook semata,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua KBM Muh Ansari mengemukakan, sosialisasi yang dilaksanakan di SMU Pergis Maros juga menyisipkan materi blogging sebagai langkah awal pengenalan blog dan pembuatan mading online untuk sekolah, sehingga diharapkan pelajar bisa mempublikasikan sekolahnya ke media digital.

Komentar

Posting Komentar

Artikel Populer