Lomba SEO Arti Kata Butta Salewangang

Pernah mendengar kata Butta Salewangang? Kata ini pernah populer sebagai pengganti untuk menyebut Kabupaten Maros.

Susah-sulit rasanya menerjemahkan kata ini. Dari asal katanya saja terambil dari bahasa Bugis dan bahasa Makassar, yaitu Butta dalam bahasa Makassar berarti tanah, sementara Salewangang terambil dari bahasa Bugis (Salewangeng) yang berarti sejahtera, aman, lapang. Sederhananya, jika diterjemahkan berarti tanah yang lapang, subur, aman, tenang dan damai.

Istilah ini sempat jadi perbincangan dalam diskusi di warung kopi, karena kata Butta Salewangang menggunakan bahasa Bugis, sementara Kabupaten Maros termasuk salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang dihuni masayarakat Bugis dan Makassar.

Kami pun sempat bertanya-tanya, mengapa tidak memakai bahasa Bugis saja? kalau menggunakan pahasa Bugis, istilah ini kira-kira akan menjadi; “Tana Loang”.

Kata itu mungkin akan terdengar kurang pas ditelinga, hingga Butta Salewangang tidak diterjemhakan dalam bahasa Bugis dan mesti menggunakan bahasa Makassar yang juga menjadi bahasa sehari-hari sebagian penduduk Kabupaten Maros.

Jika kemudian istilah ini kembali marak, terutama di internet, ini sebenarnya dalam rangka lomba SEO dalam lingkup member Komunitas Blogger Maros yang menggelar lomba SEO dengan kata kunci "arti kata Butta Salewangang".

Nah, buat teman-teman, selamat berlomba!

Komentar

Artikel Populer